Kamis, 20 November 2014

CONTOH PROPOSAL

PROPOSAL MAKANAN

I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.

Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.

Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Puding Coklat".

Dengan pembuatan Puding Coklat yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Keberadaan Puding Manis sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.

Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Puding Manis" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.



II. Tujuan
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:
·         Mencari keuntungan/laba
·         Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
·         Mencapai target penjualan

III. Segmentasi Produk
- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)

- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:
  • Memiliki berbagai macam-macam bentuk
  • Memiliki berbagai macam-macam rasa
  • Bahan produk yang higienis


V. Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
·         Kekuatan dari produk ini adalah:
·         Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
·         Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
·         Kelemahan dari produk ini adalah:
·         Tidak tahan lama
·         Produknya mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
·         Tempat Strategis
·         Fasilitas yang cukup memadai
4. Threath (Ancaman)
·         Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

VI. Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Puding Manis" yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 2.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah


3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 10 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu SMKN 1 WATANSOPPENG


VII. Aspek Keuangan 
1. Apsek Modal
- Bahan
1.      100 buah gelas plastic kecil                       Rp. 20.000
2.      100 buah sendok kecil                               Rp.   7.000
3.      1 liter gula pasir                                         Rp. 12.000
4.      1 bungkus tepung tapioca                          Rp. 12.000
5.      6 bungkus agar-agar                                  Rp. 12.000
6.      4 bungkus susu coklat                               Rp.   6.000
7.      2 bungkus susu putih                                 Rp.   2.000
8.      1 bungkus Tepung Meizena                       Rp.   4.000
9.      ¼ kg metega                                              Rp,   5.000      +
                                                                                                            Rp. 80.000

2. Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 2.000 x 100 porsi = Rp 200.000
Harga beli bahan                                 Rp. 80.000
                        Laba    Rp.200.000 – Rp. 80.000 = Rp. 120.000




VII. Penutup 
Harapan saya untuk produk "Puding Manis" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.

0 comments:

Posting Komentar