Selasa, 17 Maret 2015

PENGANTAR PENDIDIKAN KEJURUAN


RANGKUMAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU KEJURUAN PERTEMUAN II DAN III

(PENDIDIKAN DUNIA DAN INDONESIA)
Pendidikan Di Dunia
            Pendidikan sebagai suatu pondasi sebuah Negara tidak lepas dari berbagai masalah,namun karena masalah itulah pendidikan terus meningkat sama halnya pepatah bijak mengatakan Pulau yang indah terlahir dari Ombak yang besar. Perkembangan pendidikan di dunia yang akan dibahas dimulai dari Negara China yang mewakili benua  (Asia),India mewakili benua (Asia),AmerikaSerikat mewakili benua (Amerika),Mesirmewakili benua (Afrika),Yunani mewakili benua(Eropa),dan Kuba mewakili benua  (Amerika Latin)
Pendidikan di China
Jika kita membayangkan pendidikan yang ada di China mungkin ada satu pepetah yang teringat berbunyi “Tuntutlah ilmu sampai negeri  China”,dimana filosifi ini mengartikan bahwa Sistem pendidikan di China merupakan perlindungan bagi bangsa China itu sendiri karna di China pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Adapun sistem pendidikan di China menganut paham terbuka atau bebas nilai,artinya bahwa setiap anak yang mengenyam pendidikan dari kecil sudah  di arahkan kemana basic atau keterampilan anak tersebut sehingga anak tersebut mudah mendapatkan pekerjaan dimasa mendatang sesuai dengan keterampilan yang ia miliki.
Pendidikan di India
India adalah Negara yang  berada di Benua Selatan menganut pola pendidikan yang kebanyakan diambil dari pemahaman Mahatma Gandhi yaitu “membentuk kepribadian yang utuh, kreatif dan produktif”. Adapun sistem  Pendidikan dibagi menjadi 4 tingkatan atau Strata Sosial ,yaitu Pejabat/Pemerintah, pejuang, Petani, pelayan,namun itu sebelum Negara India menetapkan  konstitusi yang berlaku pada tahun 1950 yang  menegaskan prinsip bahwa pendidikan merupakan penyampaian materi, karena itu semua warga Negara berhak mendapatkan dan tidak ada tingakatan berdasarkan Strata sosial.
Pendidikan di Amerika Serikat
Perkembangan pendidikan di Amerika Serikat sebelum seperti sekarang ini pernah mengalami permasalah mengenai perjuangan kelas kulit putih dan kulit hitam,namun setelah permasalahan itu berlalu perkembangan  pendidikan begitu pesat. Sistem pendidikan berjenjang dimana pendidikan dasar dimulai dari taman kanak kanak hingga kelas 5,6 ataupun 8 tergantung dari kurikulum yang dianut oleh wilayah tempat sekolah tersebut berada. Adapun untuk pendidikan menengahnya anak anak diberi mata pelajaran wajib disamping itu anak anak juga diberi  kebebasan untuk mengambil mata pelajaran pilihan.
Pendidikan di Mesir
Mesir yang berada di benua Afrika  Perkembangan pendidikan di Mesir tidak lepas dari pengaruh  perjuangan Pemimpin dan Militer. Adapun sistem pendidikan yang dianut Mesir tidak jauh beda dari pendidikan yang dianut di Indonesia karena dimesir menerapkan jenjang pendidikan di Mesir mulai dari taman kanak kanak 1 atau 2 tahun, Pendidikan dasar 5 tahun karena untuk kelas 5 dan 6 digabung menjadi 1 tahun,selanjutnya tingkat menegah 3 tahun dan terakhir jenjang perguruan tinggi.
Pendidikan di Yunani
Yunani yang berada dibenua Eropamimiliki perkembangan Pendidikannya tidak lepas dari pengaruh hukum rimba dimana siapa yang kuat dia yang menang,namun karna hokum itu membuat banyak tokoh tokoh mempelajari falsafah manusia yang melahirkan berbagai ilmu pengetahuan di Yunani salah satunya ilmu pedagogi atau ilmu pendidikan yang selanjutnya melahirkan banyak pemikir atau tokoh-tokoh pendidikan pada masa itu.
Pendidikan di Kuba
Perkembangan pendidikan di Kuba,Amerika Latin tidak lepas dari masalah embargo pemerintah Amerika Serikat. Adapun sistem pendidikan yang diterapkan di Kuba yaitu memberikan kepada semua anak pendidikan yang berkualitas tanpa ada beban biaya hingga tingkat Universitas. Sehingga Kuba sebagai salah satu Negara di Amerika latin berkembang begitu pesat.
Pendidikan di Indonesia
Perkambangan pendidikan di Indonesia tidak lepas dari masa atau orde perjalanan bangsa Indonesia. Dimulai dari orde lama yang digambarkan oleh Sunarso,2011 berbunyi “Pendidikan menekankan pada Patriotisme dan Nasionalisme”, artinya bahwa pada masa orde lama terjadi krisis sikap membangun bangsa sehingga untuk mengubah itu semua harus dimulai dari pendidikan. Setelah orde lama berlangsung, periode orde barupun dimulai kembali pada apa yang digambarakan Sunarso,2011 berbunyi “Pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila yang dapat mendukung ekonomi”.
Pendapat Sunarso ini mengarah kepada pendidikan Pancasila diterapkan  pada masa orde baru  untuk membentuk manusia pembangunan seperti yang tertuang dalam Pancasila itu sendiri, terakhir Pada masa Orde Reformasi pendapat Sunarso,2011 berbunyi “Pendidikan diarahkan kepada perwujudan masyarakat demokratis yang taat pada hokum. Tujuan pendidikan era reformasi menekankan demokrasi”. Pada masa ini arah pendidikan mengarah pada konsep demokrasi “dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat”.
PERTEMUAN I
(TOKOH PENDIDIKAN)
Tokoh pendidikan yang akan dibahas berdasarkan ajaran ajaran yang dianut yaitu Athena Education,Roman Education,Muhammad Education,The Rennaissance,Protestan Education,Humanistic Education, Modern Education,dan Indonesia Education.
Athena Education
Tokoh yang berpengaruh pada Athena Educationdiantaranya:
Socrates ()470-399 SM)
Plato (429-347 SM)
Aristoteles
Dalam Athena Education, pendidikan mengarah pada 3 komponen  kehidupan yaitu:
1. Jiwa yang bersifat menciptakan perbedaan
2. Ruh yang bersifat hanya kembali pada 1 “Tuhan”
3. Raga yang bersifat penurut/pelaksana
Pada 3 komponen ini menjelaskan bahwa pendidikan tidak boleh mengarah hanya 1 arah agar ketiga komponen ini berjalan beriringan
Roman Education
Tokoh yang berpengaruh padaRoman Educationdiantaranya:
Cicero (83-65 SM)
Quantillian
Dalam ajaran Roman Education menitik beratkan bagaimana hukuman yang diberikan kepada setiap warga Negara sebagai salah satu cara mendidik. Pemahaman atau ilmu yang berasal dari Romawi begitu banyak karena orang romawi sangat rajin untuk menulis apa yang diketahui sehingga menyebabkan banyak tokoh pendidikan mengembangkan pendidikan dengan mempelajari Roman Educatiom
Muhammad Education
Muhammad Education atau ajaran yang dibawah manusia Pilihan Allah SWT memberikan pemahaman pendidikan berdasarkan ajaran Agama Islam, Muhammad SAW menyebarkan ajaran Agama  Islam disamping itu ia memberikan pendidikan karena hakikat Agama adalah pedoman hidup.
The Renaissance
The Renaissanceatau masa pembaruan adalah masa dimana pendidikan fokus untuk memanusiakan manuasia itu sendiri. Pada masa ini beberapa Negara dengan tokoh tokohnya berpengaruh dalam mengemnbangakan paham pendidikan salah satunya di Italia dengan tokohnya Paulo Freire
Protestan Education
Pada masa Protestan Education, pendidikan mengarah pada perbaikan intimidasi-intimidasi yang terjadi dalam gereja pada masa ini juga dikenal sebagai masa Revolusi Gereja.
Humanistic Education
Pada masa Humanistic Educationhamper sama halnya dengan masa The Renaissance yang fokus pada memanusiakan manusia itu sendiri.
Modern Education
Pada masa Modern Education kualitas pendidikan berkembang begitu pesat karena pada masa ini pendidikan diarahkan untuk menyesuaikan zaman.
Indonesia Education
Indonesia Education berkembang di negeri ini dengan beberapa tokoh pendidikan yang mengembangkannya di antaranya:
Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (KI Hajar Dewantara)
Yang menggagas Taman Siswa dan Slogan “Tutwuri Handayani”

R.A Kartini

Yang mengembangkan pendidikan dengan melepaskan intimidasi terhadap kaum Wanita dengan bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”

0 comments:

Posting Komentar